Sudah 2 Kali Mudik Dilarang, Bagaimana Untuk Tahun Ini? 

Ketgam: Terlihat warga saat akan melakukan mudik lebaran.

SultraLight.Net – Memasuki tahun ketiga Covid-19, momen hari raya kini terhitung beberapa hari lagi, apakah kali ini larang mudik bakal dilarang demi mencegah penyebaran Covid-19.

Wabah Covid-19 yang berasal dari sekelompok di Kota Wuhan, China, sejak akhir Desember 2019. Sudah dua kali Lebaran mudik dilarang oleh pemerintah, bagaimana dengan tahun 2022?

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, menuturkan aturan mudik Lebaran tahun ini masih dibahas oleh Pemerintah. Dimana akan ada rapat koordinasi tersendiri untuk membahas mengenai mudik Lebaran.

BACA JUGA :  Kapolri Buka Bhayangkara Fun Walk 2024: Bersama Bergerak untuk Persatuan

Sejauh ini menurutnya, belum ada sinyal apakah mudik bakal dilarang lagi di tahun 2022 ini, seperti dua tahun belakangan.

“Mengenai mudik seperti halnya selama pandemi selalu dibahas secara lintas sektoral. Nantinya akan ada rakor khusus terkait hal ini,” katanya, Sabtu, 19 Maret 2022.

Selain itu, dalam menentukan aturan terkait mudik nanti, syarat bepergiannya akan merujuk kepada keputusan yang diambil pada rapat koordinasi lintas sektoral.

BACA JUGA :  Menhan Prabowo Subianto Terima Penghargaan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama Polri

“Kementerian Perhubungan fokus pada penyediaan prasarana dan sarana transportasi yang dapat memberikan pelayanan mobilitas bagi masyarakat,” jelasnya.

Seperti diketahui, mudik Lebaran selama pandemi menjadi sorotan masyarakat. Pasalnya sudah dua kali lebaran yakni 2020 dan 2021 kegiatan itu dilarang oleh pemerintah.

Larangan itu dilakukan demi mencegah penyebaran Covid-19 di berbagai daerah. Maka tahun ini tentu menjadi pertanyaan bagi masyarakat apakah akan dilarang lagi atau diberikan kelonggaran. (Ns)

Print Friendly, PDF & Email