Peremajaan Pohon Pelindung, Dua Ribu Bibit Ketapang Kencana Disiapkan Hiasi Jalan Utama Kota Unaaha

Ketgam: Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe Herianto Wahab.

SultraLight.Net – Pohon pelindung yang senantiasa menghiasi jalan poros Kota Unaaha kini mulai menua dan rawan tumbang. Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe akan menyiapkan bibit pohon Ketapang Kencana untuk dijadikan tanaman pelindung di ruas-ruas jalan utama Kota Unaaha.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe Herianto Wahab mengatakan, instansinya terus melakukan pemantauan beberapa pohon peneduh yang berusia tua serta dianggap mudah patah. Hal itu dilakukan untuk menjaga terjadinya pohon tumbang yang dapat membahayakan warga maupun pengguna jalan di Konawe.

BACA JUGA :  Antisipasi Serangan Teror, Siapkan Brimob di Pintu Masuk Mapolda Sultra

“Memang kami sudah berencana mengganti pohon yang tua dan rawan tumbang itu dengan pohon Ketapang Kencana,” ujarnya, Senin, 29 Agustus 2022. .

Ia juga menyampaikan pihaknya bakal melakukan peremajaan terhadap pohon trambesi yang sudah berusia tua, dengan menggantinya dengan pohon ketapang kencana di lokasi yang sama.

BACA JUGA :  Diduga Selewengkan Dana Nasabah dan Uang Operasional, APH Diminta Periksa Direktur Bank Sultra

Lebih lanjut ia mengungkapkan, Dua ribu bibit ketapang kencana tengah disiapkan untuk ditanam di sepanjang jalan protokol di kota Unaaha.

“Pohon ketapang kencana mudah tumbuh. Tanaman itu berakar tunggang yang menancap ke dalam tanah. Beda dengan trambesi, akarnya menyebar dan kadang merusak bangunan disekelilingnya,” tuturnya.

Print Friendly, PDF & Email