Tidak Ada Kerugian yang Dialami, Regulator Pastikan Dana Nasabah di Bank Sultra Tetap Aman

Ketgam: Saat konfrensi perss yang dilakukan Bank Sultra.

SultraLight.Net – Oknum pegawai Bank Sultra berinisial AG (29) diduga menggelapkan uang nasabah. Uang yang diselewengkan mencapai Rp 1,9 miliar lebih dari 105 rekening.

Kasus ini dilaporkan sendiri oleh Bank Sultra kepada pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari, setelah kecurangan yang dilakukan AG diendus.

Kepala Satuan Kerja Audit Internal (SKAI) Bank Sultra, Agus menyampaikan jika saat ini oknum yang bersangkutan itu sudah dilakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai sanksi atas perbuatannya.

“Sesuai komitmen dari Management untuk tidak memberikan toleransi terhadap seluruh tindakan fraud yang dilakukan oleh pekerja Bank Sultra,” ungkapnya, Kamis, 15 September 2022.

Dia mengaku Bank Sultra menghormati proses hukum yang sedang berlangsung. Dan dirinya yakinkan tidak ada nasabah yang dirugikan karena telah diselesaikan oleh pihak Bank Sultra.

“Kami sudah serahkan di penyidik, semua data yang diperlukan dan hal ini dijamin kerahasiannya terjaga. Atas kejadian tersebut tidak ada kerugian yang dialami oleh nasabah, jadi semua telah di diselesaikan oleh Bank Sultra,” ujarnya.

BACA JUGA :  Diduga Motif Balas Dendam, Dua Sekolah di Kendari Terlibat Tawuran

Lebih lanjut, perusahan milik daerah ini, juga bertanggung jawab penuh atas dana yang di tabung di Bank Sultra. Untuk total kerugian yang dialami kurang lebih Rp. 1,9 miliar terhadap 105 nasabah.

“Mudah -mudahan kejadian terakhir dan tidak terulang lagi. Hal ini merupakan alarm bagi kami untuk meningkatkan pengawasan dan system pengamanan,” lanjutnya.

Saat Bank Sultra terus melakukan perbaikan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), pembinaan dan pengawasan internal . Bank Sultra cukup terbuka dengan masyarakat, jika ada hal yang mencurigakan atau layanan tidak memadai dapat melaporkan langsung ke Bank Sultra.

“Kami mengimbau agar nasabah Bank Sultra rutin melakukan pengecekan rekening serta melaporkan jika mendapati ada transaksi yang mencurigakan,” paparnya.

BACA JUGA :  Konsorsium Aktivis Bersatu Desak Kejati Periksa Kadis SDA dan Bina Marga Sultra

Pengecekan rekening dapat dilakukan melalui aplikasi Bank Sultra Mobile, Gerai ATM, SMS Banking, Sms push Bank Sultra.

“Dan harapan kami semoga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Bank Sultra tetap terjaga,” singkatnya.

Ditempat terpisah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan dana 105 rekening Bank Sultra yang disalahgunakan mantan karyawan bank tetap aman.

Kepala OJK Sultra, Arjaya Dwi Raya mengatakan, pengembalian dana itu wajib dilakukan oleh bank, apabila tidak, maka nasabah berhak melapor ke OJK untuk kemudian ditindaklanjuti ke pihak bank.

“Pengembalian dana itu wajib dilakukan oleh bank, apabila tidak, maka nasabah berhak melapor ke OJK untuk kemudian ditindaklanjuti ke pihak bank,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email