Penampakan Buaya Berkeliaran di Kali Konaweeha Gegerkan Warga

Dalam rekaman video amatir terlihat hewan buas itu muncul, hingga membuat resah warga.

SultraLight.Net – Seekor buaya muncul di Perairan Konaweeha. Penampakan buaya ini sempat terekam kamera warga yang seketika viral di media sosial.

Dalam rekaman video amatir terlihat hewan buas itu muncul, hingga membuat resah warga yang kerapkali berkeliaran di sekitaran sungai dekat permukiman warga setempat.

Salah satu warga Desa Pohara, Pirman Saehao mengatakan sejak satu bulan terakhir, buaya yang panjangnya kurang lebih 3 meter tersebut, kerap kali menampakan diri di permukaan.

“Siang hari maupun malam hari, bahkan sempat berkeliaran di sekitar pemukiman warga. Ini buaya sering muncul di sungai konaweha, bahkan ini buayanya sudah naik di darat, mungkin buayanya ini lapar mi,” ucapnya melalui via seluler, Selasa, 1 Marer 2022.

BACA JUGA :  Kadin Sultra dan Dikbud Kolaborasi Kembangkan Hasil Karya Sekolah Kejuruan

Sebelum kemunculan buaya ini, menurutnya, kali ini adalah tempat berkatifitas masyarakat, baik untuk mencuci pakaian, tempat bermain anak-anak bahkan sebagian masyarakat memanfatkan kali tersebut sebagai tempat pencarian.

“Kalau dulu belum ada buaya ini, memang masyarakat masih sering beraktifitas seperti mencuci, anak-anak sering main-main, ada yang memancing, bahkan ada juga sebagian masyarakat menggunakan kali itu sebagai tempat pencariannya seperti cari-cari pokea,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Demo Tolak Kenaikan BBM di Kendari Berakhir Damai dan Kondusif

Menanggapi hal tersebut, Koordinator Pengamanan Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSA) Sulawesi Tenggara (Sultra), Ashar Ipu mengatakan akan melakukan langkah pencegahan agar tidak ada korban atas kemunculan buaya tersebut.

“Nanti kami sampikan sama teman-teman untuk pasang papan himbauan, bahwa disitu daerah rawan buaya, supaya untuk menghindari aktifitas masyarakat disekitaran kali tersebut,” jelasnya. (Rs)

Print Friendly, PDF & Email