Gempa Magnitudo 3,4 Guncang Konawe Selatan

Ketgam : Ilustrasi

SultraLight.Net – Gempa bumi kembali mengguncang Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra). Kali ini, gempa berkekuatan magnitudo 3,4 terjadi di Mowila, Jumat, 29 Juli 2022 sekira pukul 16.31 Wita.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin mengatakan dari hasil analisis BMKG episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.06 LS, 122.25 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5.0 km, Timur Laut Mowila, Konsel, kedalaman 7 km.

BACA JUGA :  Ketua Sapma Pemuda Pancasila Konsel Bagikan Ribuan Parsel Lebaran Untuk Kaum Dhuafa

Menurutnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Lainea di Timur Laut Mowila.

“Getaran dirasakan di Ranomeeto (Konawe Selatan) dan Baruga (Kendari) II-III MMI. II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang), III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah,” jelasnya.

BACA JUGA :  Sajikan Data Riil, Desa Tambosupa di Konsel Dapat Pujian dari Tim Penilai

Ia menambahkan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami serta tidak ada gempabumi susulan hingga pukul 16.50 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya.

Print Friendly, PDF & Email