Gempa Bumi Guncang Pesisir Konawe, Getaran Sempat Bikin Panik Warga Kendari

Sesuai rilis yang dikeluarkan oleh BMKG.

SultraLight.Net – Gempa bumi tektonik bersusulan guncang wilayah Timur Laut Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Jumat, 25 Maret 2022, pukul 21:20:13 WITA.

Selain gempa tersebut, hasil monitoring Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari menunjukkan, hingga pukul 22.15 WITA, terjadi 3 aktivitas gempabumi susulan dengan kekuatan 2,8 SR, 3 SR dan 2,6 SR.

“Episenter gempabumi berlokasi di Laut pada jarak 11.9 Kilometer Timur Laut Soropia, Kabupaten Konawe pada kedalaman 2 Kilometer,” terang Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kendari, Rudin.

BACA JUGA :  Tindak Lanjut MoU dengan Pemkab Mubar, Konawe Kirim Perdana 81 Ton Beras

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari Utara.

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Kota Kendari III – IV MMI, Ranomeeto dan Moramo (Konawe Selatan) III MMI, Besulutu (Konawe) terasa II – III MMII.

Dijelaskannya juga, hingga saat ini belum ada laporan masyarakat atas dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tektonik tersebut.

BACA JUGA :  LPPD Terbaik Nasional, Konawe Bersiap Jadi Tuan Rumah Hari Otonomi Daerah

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” terang Rudin.

Rudin juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa.

“Pastikan tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” pungkasnya. (Ad)

Print Friendly, PDF & Email