Deklerasi Damai, Bupati Konawe Minta Cakades Ciptakan Suasana Kondusif

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK).

SultraLight.Net – Deklarasi damai dan penandatanganan pakta integritas Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak se-Kabupaten Konawe berlangsung meriah, di lapangan kantor bupati Konawe, Senin (24/10/2022). Kegiatan tersebut dipimpin langsung Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK).

Kegiatan deklarasi turut dihadiri sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Konawe. Hadir pula sejumlah Kepala OPD, serta camat se-Kabupaten Konawe.

Sebanyak 468 calon kepala desa (Cakades) yang berkontestasi juga turut hadir. Mereka adalah Cakades yang tersebar di 168 desa dari 27 kecamatan yang akan menggelar Pilkades serentak.

Pada sambutannya, KSK menegaskan sejumlah pesan kepada para Cakades. Pertama, Cakades harus siap menang, siap kalah. Mereka yang menang untuk tidak begitu jemawa atas capaiannya. Sedangkan yang kalah bisa menerima hasilnya dengan lapang.

“Intinya, kita jaga bersama kondusifitas, karena kita ini masih sama-sama NKRI,” tegasnya.

BACA JUGA :  Dugaan Penipuan, Bupati Muna Dijadwalkan Diperiksa Polisi, Dirkrimum Polda Sultra: Hanya Sebatas Saksi

Kedua, terkait sejumlah aturan dalam Pilkades, KSK juga menegaskan untuk tidak perlu khawatir. Rujukan Perda tentang Pilkades adalah hasil implementasi dari aturan perundang-undangan dari pusat, sehingga tidak pelu dikhawatirkan.

Setidaknya kata KSK ada tujuh aturan pemerintah pusat yang menjadi pedoman Pemkab. Dua diantaranya, yakni, UU No. 6 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Rujukan Perda kita jelas, buka dibuat-buat. Semua sudah sesuai aturan sehingga tidak ada yang perku di khawatirkan,” terang mantan Ketua DPRD Konawe itu.

Ketiga, KSK juga menegaskan kalau dirinya netral dan tidak mendukung calon tertentu dalam Pilkades. Tindakan itu ia lakukan karena dirinya semata-mata karena dirinya menganggap tidak punya kepentingan tertentu.

BACA JUGA :  Masih Rangkaian HUT ke-63, Ratusan Rider Trail Ramaikan Adventure Jelajah Alam Konawe

Sebab kata KSK, siapapun nanti yang akan terpilih, yang bersangkutan akan menjadi bagian dari mitra pemerintahan KSK.

“Tidak ada kepentingan saya di Pilkades. Tapi siapapun yang menang, akan menjadi mitra kami di pemerintahan. Makanya mari kita jaga kondusifitas dalam Pilkades,” harap Bupati Konawe dua periode tersebut.

Kemudian lanjut KSK, ia ingin para pemenang dalam Pilkades bisa menjadi pemimpin yang lebih berkualitas lagi. Oleh karenanya, KSK berencana akan menyekolahkan Kades terpilih di SPN Anggotoa, tempat anggota Polri di Sultra melakukan pendidikan. Para Kades nantinya akan dilatih mentalnya oleh anggota TNI Polri dan sekaligus juga mengajarkan cara mengelola keuangan desa.

 

 

Print Friendly, PDF & Email