Bupati Koltim Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 115 Kades dan BPD

Ketgam: Pengukuhan ini, dilaksanakan di halaman Rujab Bupati Koltim, Senin (24/6/2024 pagi, oleh Bupati Koltim, Abd Azis SH MH.

 

SultraLight.Net – Bupati Kolaka Timur (Koltim) Abdul Azis mengukuhkan perpanjangan masa jabatan 115 kepala desa (kades) dan jabatan badan permusyawaratan desa (BPD) di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pengukuhan ini, dilaksanakan di halaman Rujab Bupati Koltim, Senin (24/6/2024 pagi, oleh Bupati Koltim Abd Azis SH MH. Turut hadir antara lain, Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, Ketua Bawaslu Koltim, Anggota KPU Koltim, Anggota DPRD Koltim, tokoh pemekaran, Kepala BPS Sultra dan pimpinan OPD.

Dikesempatan ini, hadir 115 kepala desa se-Koltim bersama istri/suami, serta masing-masing lima pengurus BPD dari 117 desa se-Koltim. Sebagaimana diketahui dari 117 desa se-Koltim, minus 2 kades yan tidak ikut. Yakni Kepala Desa Amokuni Kecamatan Auluiwoi dan Kepala Desa Ambapa Kecamatan Tinondo yang keduanya di jabat oleh Pejabat atau Pj desa, dan akan dilakukan pemilihan antar waktu pada 2025 mendatang.

Pada kegiatan ini, Bupati Koltim menyebut jika keberkahan dimomen sakral ini terlihat, yang juga mendapat ridho Allah SWT. Salah satu buktinya, cuaca yang begitu bersahabat, tidak terik matahari, juga tidak hujan. Padahal di seluruh sisi dekat lokasi pengukuhan ini, nampak diguyur hujan.

BACA JUGA :  Bupati Koltim Shalat Idul Adha di Masjid Raya Rate-Rate

”Ini adalah momen yang sangat baik, karena cuaca sangat mendukung, tidak hujan juga tidak panas. Ini berarti, perpanjangan masa jabatan bapak ibu kepala desa, mendapat Ridha Allah SWT yang harus anda pegang dan junjung tinggi dalam membangun masyarakat masing-masing desa,” ucapnya Abd Azis.

Ia melanjutkan, perpanjangan ini, bukan hanya tugas sebuah jabatan, tapi panggilan jiwa untuk menjadi pemimpin yang melayani, dan bukan sekadar hanya bisa memimpin. Melainkan menjadi nakhoda yang terampil menavigasi kapal desa anda melewati ombak dan badai menuju pelabuhan kesejahteraan dan kemakmuran.

”Karenanya, tugas bapak/ibu adalah memastikan bahwa setiap jengkal tanah subur, setiap warga desa mendapatkan haknya, dan setiap sudut desa merasakan sentuhan pembangunan. Mengapa? karena kekuatan sebuah pohon tidak hanya terlihat dari batangnya yang menjulang tinggi, tetapi juga dari akar-akarnya yang tersembunyi di dalam tanah. Begitu juga dengan desa, kekuatannya terletak pada pelayanan yang tulus dari pemimpinnya,” jelasnya.

BACA JUGA :  Bersama Bupati Koltim dan Kapolres, Ribuan Raider Ramaikan One Day Bhayangkara Trail Adventure

Dikatakan ayah lima anak ini, dalam perjalanan ini, para kades ini akan menghadapi berbagai tantangan. Namun ingatlah, besi yang kuat ditempa dalam panasnya api, jangan pernah takut terhadap kesulitan, karena di dalam setiap tantangan tersembunyi kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.

Seperti kupu-kupu yang harus berjuang keluar dari kepompongnya untuk bisa terbang, kades pun harus menghadapi dan mengatasi berbagai hambatan untuk membawa desa anda terbang menuju ketinggian baru.

”Mari kita jadikan pelayanan kepada rakyat sebagai kompas moral kita. Seperti sungai yang mengalir tanpa mengenal lelah untuk memberikan kehidupan kepada setiap makhluk yang dilewatinya, begitu pula hendaknya kita dalam melayani masyarakat,” katanya.

Dirinya meminta, disetiap langkah Kades yang diperpanjangan, dapat menjadi langkah untuk mendekatkan kesejahteraan kepada rakyat, bukan menjauhkan diri dengan kedudukan.

“Ingatlah, kepemimpinan sejati bukanlah tentang seberapa tinggi posisi anda, tetapi seberapa besar pengaruh positif yang anda berikan kepada orang-orang atau masyarakat yang anda pimpin,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email