1

Biaya Gazebo Perunit Rp 21 Juta, Kades Tombawatu Justru Bungkam

Ketgam: Pembangunan setiap unit Gazebo anggarannya mencapai Rp 21 juta perunitnya.

SultraLight.Net – Pemerintah Desa (Pemdes) Tombawatu, Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) kini menjadi sorotan.

Bagaimana tidak, anggaran pembangunan 10 unit Gazebo untuk fasilitas Pantai Wisata Tombawatu yang sangat fantastis mencapai ratusan Juta Rupiah, menggunakan Anggaran Dana Desa Tahun 2021.

Informasi yang di himpun media ini, dari beberapa sumber, banyak pihak kini sedang menyoroti pembangunan Gazebo Pantai Wisata Tombawatu.

Pasalnya pembangunan setiap unit Gazebo tersebut sangatlah fantastis yang anggarannya mencapai Rp 21 juta perunitnya.

Terlebih lagi, memakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2021 Desa Tombawatu sebesar Rp 1,326 miliar. Bidang Pelaksanaan pembangunan Desa, yang salah satu poinnya Pembangunan Gazebo dan pembersihan Pantai dengan anggaran Rp 221 juta.

BACA JUGA :  Antisipasi Kriminalitas, Polresta Kendari Gelar Patroli Skala Besar

Mendapatkan informasi tersebut, kemudian melakukan penelusuran langsung di pantai Tombawatu Minggu (24/7/2022) pekan lalu.

Terlihat ada 10 unit Gazebo di pelataran Pantai Tombawatu, dan terlihat sangat jelas Gazebo yang informasinya dibangun menggunakan anggaran Rp 21 juta itu terlihat sangatlah sederhana.

Salah satu warga setempat yang sedang membersihkan pelataran pantai dari ranting-ranting pohon saat ditanya apakah mengetahui tentang anggaran pembuatan Gazebo.

Warga tersebut tidak tahu menahu tentang anggaran yang digunakan membangun fasilitas Pantai Wisata Tombawatu itu.

“Saya tidak tahu berapa anggarannya, yang jelas ini dibangun dari tahun 2021 lalu. Dan Gazebo ini sudah sering digunakan oleh pengunjung wisata,” katanya sambil menunjuk salah satu Gazebo tersebut.

BACA JUGA :  Usai Dilantik jadi Ketua IKA FISIP UHO, Tina Nur Alam Bakal Fokus Program Pendidikan

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Tombawatu, Rostian saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp tidak mau berkomentar tentang informasi pembangunan Gazebo 10 Unit yang menelan anggaran Rp 200 jutaan tersebut.

Bahkan dirinya bertanya kembali ke media ini dari mana mendapatkan informasi pembangunan Gazebo setiap unitnya sebesar Rp 21 juta.

“Info Rp 21 juta info dari mana?,” jawab Kepala Desa Tombawatu, namun saat ditanya kembali memastikan info anggaran Gazebo Kades tak lagi menjawab hingga berita ini diterbitkan.

Print Friendly, PDF & Email