10 Rekomendasi Tempat Wisata Bahari Terbaik di Sulawesi Tenggara

Potensi wisata bahari yang memikat banyak wisatawan, dengan luas lautan yang besar dan beragam biota laut eksotis, wisata bahari di Sultra menjadi daya tarik utama.

SultraLight.Net – Pulau Sulawesi merupakan salah satu pulau terbesar dan terkenal dengan fauna endunik serta pesona wisata alam yang indah.

Seperti di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang begitu banyak memiliki potensi wisata bahari yang memikat banyak wisatawan, dengan luas lautan yang besar dan beragam biota laut eksotis, wisata bahari di Sultra menjadi daya tarik utama.

Terdapat berbagai lokasi pantai cantik yang menjadi pilihan unggulan.
Berikut destinasi liburan yang tak boleh dilewatkan bagi penggemar wisata di Sulawesi Tenggara.

1. Danau Biru Kolaka


Lokasi: Walasiho, Wawo, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sultra.

Kolaka Utara merupakan daerah yang kaya akan kekayaan alam dan memiliki objek wisata menarik. Salah satu daya tarik utama pariwisata di daerah ini adalah Danau Biru Kolaka.

Danau ini menjadi tujuan wisata bahari yang istimewa, di mana pengunjung dapat menikmati kejernihan airnya dan melihat kehidupan biota laut, termasuk ikan, bahkan melakukan kegiatan snorkeling dengan kedalaman 7 meter di danau tersebut.

Setiap wisatawan yang berkunjung ke daerah Desa Walasiho, Kolaka Utara, pasti mencari pengalaman istimewa di Danau Biru Kolaka.

Destinasi wisata bahari ini menawarkan pemandangan yang indah dengan hamparan pasir putih yang memadukan keindahan dengan birunya perairan sekitarnya.

Selain menjadi tujuan wisata yang menarik, Danau Biru Kolaka juga memiliki nilai mitos dan legenda lokal. Konon, menurut cerita yang terkenal di daerah tersebut, danau ini berasal dari transformasi sebuah hutan yang lebat.

Legenda melibatkan Putri Raja Mokole yang mengunjungi daerah tersebut, dan area yang dulunya hutan berubah menjadi Danau Biru Kolaka yang dikenal hingga sekarang.

2. Pantai Nirwana


Lokasi: Sulaa, Kecamatan Betoambari, Kota Bau-bau, Sultra.

Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Kota Bau-bau adalah Pantai Nirwana.

Pantai ini benar-benar memikat dengan pasirnya yang lembut dan keindahan air lautnya yang menakjubkan. Tidak mengherankan jika pantai ini sering dijuluki sebagai surga wisata bahari.

Pantai Nirwana dapat dicapai dalam waktu sekitar 10 menit dari pusat Kota Bau-Bau. Pantai ini memiliki ombak yang relatif tenang, yang membuatnya cocok untuk berenang.

Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik seperti berjalan-jalan di sepanjang pantai, berjemur, atau bahkan melakukan snorkeling atau menyelam.

Demikian, bagi wisatawan yang berkunjung di Kota Bau-Bau dan ingin menikmati keindahan alam, pantai Nirwana dapat menjadi pilihan yang tepat.

3. Taman Nasional Wakatobi


Lagiwae, Ambeua, Kecamatan Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Sultra.

Selamat datang di surga bawah laut yang menakjubkan di Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara! Sebuah taman nasional wisata bahari yang menawarkan panorama keindahan alam bawah laut yang spektakuler.

BACA JUGA :  Sulawesi Tenggara Patut Bangga, Anak Desa Benua jadi Perias Istri Presiden RI di Momen Upacara HUT RI ke 78

Nama Wakatobi sendiri berasal dari empat pulau di sekitarnya, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomua, dan Binangko.
Taman Nasional Wakatobi menjadi tempat konservasi untuk 90 persen biota laut di dunia. Dengan 25 gugusan terumbu karang, 93 jenis spesies ikan, dan empat jenis penyu, tempat ini menjadi magnet bagi penyelam profesional dari seluruh dunia.

Keindahan alam bawah laut yang unik dan pemandangan alam yang menakjubkan membuat Wakatobi menjadi destinasi wisata yang populer, baik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

4. Pantai Sagori


Lokasi: Sikeli, Kecamatan Kabaena Barat, Kabupaten Bombana, Sultra.

Pantai Sagori adalah destinasi wisata bahari yang masih terbilang sepi di Sulawesi Tenggara. Dengan menawarkan pemandangan alam yang cantik, pantai ini juga memiliki kisah bersejarah yang menarik terkait dengan masa penjajahan kolonial.

Jadi, tak hanya menikmati keindahan alam, pengunjung juga bisa mengetahui sejarah tempat ini yang akan diceritakan oleh pemandu.

5. Pulau Labengki


Lokasi: Labengi, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sultra.

Salah satu pilihan wisata bahari yang menarik lainnya adalah Pulau Labengki. Terletak di Kabupaten Konut, Pulau ini memukau dengan keindahan alamnya yang spektakuler dan suasana yang tenang. Bahkan, Labengki sering dijuluki sebagai miniatur Raja Ampat,

Pulau ini terdiri dari lima pulau utama, yaitu Labengki Besar, Labengki Kecil, Alnamira, Tukoh Kulay, dan Mauang. Setiap pulau memiliki daya tarik wisata yang unik dan patut dikunjungi.

Destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang beragam, termasuk pantai, laguna, gua, teluk, pemandangan tebing, dan kebudayaan masyarakat suku Bajo di Labengki Kecil.

Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi adalah Laguna Blue Lagoon yang dikelilingi oleh karang tajam dengan air berwarna hijau toska yang indah.

Keindahan alam yang alami dan suasana yang tenang membuat Labengki menjadi tujuan favorit para traveler di Sulawesi Tenggara.

Selain keindahan alamnya, Labengki juga terkenal dengan pantai berpasir pink yang lembut. Destinasi ini menawarkan pengalaman wisata alam yang menakjubkan dan memikat hati para pengunjung.

Dengan keindahan alam yang spektakuler, Pulau Labengki dan sekitarnya merupakan destinasi yang sangat layak dikunjungi, terutama bagi para penggemar wisata alam di Indonesia Timur.

6. Pulau Bokori


Lokasi: Tapulaga, Kecamatan Soropia, Kaupaten Konawe, Sultra.

Pulau Bokori adalah salah satu destinasi wisata bahari terbaik di wilayah sulawesi tenggara. Pulau ini memiliki pantai yang cantik dengan pasir putih yang unik.

Terdapat pemukiman nelayan yang dibangun di atas air, menambah pesona pulau ini. Untuk mencapai Pulau Bokori, perjalanan dengan perahu selama 90 menit dari Kampung Bajo atau 120 menit dari Kendari.

BACA JUGA :  5 Wisata Puncak di Sulawesi Tenggara yang Wajib Dikunjungi

Terdapat beberapa fasilistas yang dapat di gunakan di pulai ini seperti resort, homestay, gazebo, kantin, dan musala. Pulau Bokori cocok sebagai destinasi wisata bulan madu atau perayaan anniversary bersama pasangan.

7. Pantai Nambo


Lokasi: Kelurahan Nambo, Kecamatan Abeli, Kota Kendari, Sultra.

Pantai Nambo tidak kalah menarik dengan destinasi wisata bahari lainnya di Sulawesi Tenggara. Pemandangan alamnya yang luar biasa dengan pasir pantai yang memesona membuatnya begitu menarik.

Dengan ombak yang tenang dapat memberikan suasana yang damai. Di sana, terdapat banyak kegiatan yang dapat dilakukan mulai dari bermain pasir, bermain voli, berjemur, dan masih banyak lagi.

Pantai ini menjadi tujuan wajib bagi wisatawan domestik maupun mancanegara dengan hamparan pasir putih sepanjang 300 meter dan ombak yang tenang.

8. Pulau Muna


Lokasi: Madampi, Kecamatan Lawa, Kabupaten Muna, Sultra.

Pulau Muna adalah destinasi wisata bahari yang menarik dengan luas pantai yang luas sekitar 2.889 km. Pulau ini terkenal karena keindahan alamnya yang memukau dan menawarkan banyak spot wisata menarik seperti Danau Moko, Pantai Panjala, Tanjung Labora, dan Pantai Meleura.

9. Pasir Putih Mutiara


Lokasi: Desa Gumanano, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sultra.

Pantai Pasir Putih Mutiara terkenal karena memiliki hamparan pasir putih yang indah dan air laut yang jernih. Lokasinya menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan berlibur di pantai yang eksotis.

Pantai ini menawarkan pemandangan yang memukau. Selain itu, pantai ini juga menjadi surga bagi para pecinta fotografi, karena keindahannya yang luar biasa memberikan banyak peluang untuk mengambil foto yang memukau. Sebagai tujuan wisata yang menarik, Pantai Pasir Putih Mutiara berhasil menarik banyak pengunjung.

10. Pulau Hari


Lokasi: Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sultra.

Pulau Hari berada di wilayah Kabupaten Konsen dari Kota Kendari, perjalanan menuju Pulau Hari cukup mudah dan lebih banyak melibatkan speedboat dari Pelabuhan Beringin atau dari Kecamatan Nambo (Kendari).

Keunikan Pulau Hari ini terletak pada statusnya sebagai pulau tidak berpenghuni. Maka dari itu kehadiran wisatawan yang datang berkunjung membuat pulau ini menjadi lebih hidup.

Namun, karena tidak ada penginapan atau pedagang makanan di pulau ini, disarankan bagi pengunjung untuk membawa bekal yang cukup.

Akan mengadakan camping? Camping juga merupakan kegiatan yang dapat dilakukan di pulau ini, namun penting untuk datang bersama orang lain dan mempersiapkan peralatan dan bekal yang diperlukan selama camping. (Nita)

Print Friendly, PDF & Email