Tips and Trik Menghadapi Pujian dan Kritikan

Ketgam: Ilustrasi

SultraLight.Net – Kata pujian dan kritikan adalah kata yang sudah tidak asing di telinga masyarakat kita yah teman-teman, yang notabenenya, seseorang apa bila mendapatkan sebuah pujian pasti akan senang, dan itu terlihat pada wajahnya, dan ada juga yang apabila mendapatkan kritikan ada yang mendatangkan kesenangan dalam diri pribadinya dan ada juga yang tidak senang apa bila di beri kritikan.

Kedua kata ini, kebanyakan di anggap bertolak belakang, pujian akan merujuk pada hal positif, dan tidak demikian dengan kritikan. Sehingga masih banyak kita temui istilah-istilah bawa perasaan (baper) pada sebagian masyarakat hingga berujung pada hal-hal yang tidak mengenakkan tentunya. Masih banyak dan masih sering terjadi di masyarakat.

Agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ini, kira-kira cara seperti apa yang perlu kamu pakai dalam menyikapi apa bila kamu diberikan sebuah pujian maupun kritikan sih?

Seperti dilansir dari IDN Times berikut trik and tips menghadapi pujian dan kritikan yang bisa kalian lakukan.

Untuk Pujian

1. Sadari pujian adalah hal sementara Merayakan suatu keberhasilan boleh saja, tetapi kita harus selalu sadar dan tahu batas wajar kita, terlalu bangga terhadap diri sendiri itu dapat membuatmu terlena pada pujian itu dan bisa menimbulkan sikap arogan pada dirimu. Maka dari itu kamu harus selalu sadar bahwasanya pujian itu adalah hal yang sementara. Jangan beralama-lama karna akan menyebabkan dirimu cepat puas dan enggan memperbaiki diri.

BACA JUGA :  Sinopsis Film Fantasi The Adam Project

2. Anggap sebagai motivasi dalam menanggapi pujian adalah menganggap pujian yang diberikan sebagai motivasi pada diri agar lebih semangat lagi baik dalam hal pekerjaan, pendidikan dan lainnya. Pujian dianggap sebagai hadiah yang didapat dari usaha yang kamu lakukan.

3. Jangan terlena dengan setiap kalimat itu berlama-lama dalam rasa senang setelah mendapatkan pujian akan membuatmu terlena. Dirimu seolah terbang rasanya seperti hal-hal yang kamu inginkan dapat terpenuhi dengan mudah dan sesuai dengan keinginanmu. And then kamu memandang rendah tugas dan tanggung jawabmu selanjutnya.

4. Selalu ingat diatas langit masih ada langit Siapa Nih? Yang kalau di puji langsung merasa hebat merasa paling oke dalam pekerjaan atau pendidikannya. Kamu harus selalu ingat dan lihat disekeliling mu masih banyak orang-orang yang berada diatas mu yang sudah pernah berada diposisi itu, bukannya mau bandingkan dirimu dengan orang lain. Teruslah haus dan lapar akan ilmu sehingga kamu terus berada dalam proses menjadi lebih baik.

5. Tetap lakukan tugasmu sebaik mungkin saat menjalankan tugasmu entah itu pekerjaan atau pendidikan mu, harus kamu jalani sebaik mungkin jadikan pujian sebagai motivasi yang tidak membuatmu melupakan hal-hal lain.

Untuk Kritikan

1. Dengarkan dan catat setiap kritikan Ketika seseorang mengkritik pekerjaanmu dengarkan baik-baik. Meskipun terkadang sulit menerima kritikan tersebut namun selalu ingat bahwa kritikan akan membuat mu manjadi lebih baik, catatan itu nantinya akan kamu jadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan etos kerja dirimu dan pada dirimu dimasa mendatang.

BACA JUGA :  Simak Rekomendasi Drama Korea Komedi Terbaru 2023

2. Beri diri kamu waktu untuk memahami dari pada langsung menelan kritikan mentah-mentah, alangkah baiknya jika kamu memahami kritikan tersebut dengan meluangkan waktu untuk dirimu. Setiap kritikan terkadang memaksa mu untuk langsung melawan atau menolak kritikan tersebut, namun kamu dapat mengubah sikap ini dengan mengubah pola pikir kamu selama kritikan itu bisa membangun perubahan pada dirimu mengapa tidak kamu Terima.

3. Ajukan pertanyaan pada kritikan selain memahami kritikan kamu mempunyai hak untuk memberikan pertayaan lebih agar bisa terklarifikasi kritikan tersebut sehingga tidak menimbulkan salah paham antara dirimu dengan orang yang mengkritikmu.

4. Refleksi diri, jika kamu merasa kritikan itu dapat kamu terima akui kamu salah dan memiliki kekurangan tersebut. Pastikan kamu melihat kritikan itu sebagai kesempatan untuk meningkatkan dan membuatmu menjadi lebih baik lagi kedepannya

5. Berhati-hatilah dalam memberi respon kamu, perlu berhati-hati dengan jawab yang kamu berikan baik secara verbal maupun nonverbal, misalnya saat kamu berhadapan hindari menyilangkan tangan dan bernafaslah secara teratur untuk menghilangkan tekanan yang ada pada dirimu. Menghadapi kritikan memang tidak lah mudah, namun menanggapi dengan tenang akan membuat lebih profesional.

Itulah trik and tips yang bisa kamu lakukan bila mendapati pujian dan kritikan. Jangan terbang ketika diberi pujian dan jangan baper dengan ketika diberi kritikan.

Print Friendly, PDF & Email