Libatkan Puluhan Organisasi dari IAIN, Relawan World Clean Up Day Konsel Gelar Aksi Bersih di 2 Desa

Foto bersama pasca aksi bersih-bersih World Clean Up Day Konawe Selatan.

SultraLight.Net – Sejumlah relawan yang tergabung dalam World Clean Up Day (WCD) menggelar aksi bersih-bersih di Desa Kota Bangun dan Desa Langgea, Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sabtu, 17 September 2022.

Aksi bersih-bersih itu dilakukan oleh gabungan relawan yang diri dari 30 organisasi yang ada lingkup internal kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari.

WCD tersebut adalah kegiatan aksi bersih yang dilakukan secara serentak di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Jadi inikan kegiatan besar juga, jadi serentak bukan hanya konawe Selatan saja, tetapi area Sulawesi Tenggara mulai dari Baubau, Kendari, Kolaka itu melaksanakan,” ungkap Penanggung Jawab WCD Konsel, Deni Wahid Ode.

YouTuber asal Wakatobi itu juga menambahkan salah satu tujuan pelaksanaan kegiatan ini yakni sebagai upaya untuk memberikan edukasi secara langsung maupun secara tidak langsung kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Konsel.

BACA JUGA :  Ribuan Karyawan VDNIP Ikuti Vaksinasi Boster

“Tujuan utama kita melakukan kegiatan ini, menumbuhkan kesadaran kepada seluruh unsur masyarakat baik itu anak-anak, remaja maupun orang tua untuk dia lebih memperhatikan lagi kondisi kebersihan lingkungannya,” tambahnya.

Ia juga berharap kegiatan WCD di Konsel ini bisa terus dilaksanakan dan dapat semakin banyak kalangan yang sadar dan melibatkan diri.

“Kedepannya semoga WCD yang akan dilakukan tahun-tahun berikutnya bisa lebih mewah lagi, lebih aktif lagi, dan juga partisipan baik itu dari organisasi dan khusunya dari masyarakat Konawe Selatan itu lebih berikut serta dikegiatan WCD yang berikutnya itu,” harapnya.

Dari pantauan awak media dilokasi, terlihat guru dan siswa SD Negeri 4 Ranomeeto ikut serta dalam bersih-bersih tersebut.

BACA JUGA :  SPBU 'Nakal' di Konkep, Jual Pertalite Mahal dan Bisa Pakai Jerigen

“Ini adalah pembiasan dari anak-anak, untuk pelibatan anak-anak, menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, keberhasilan,” ungkap Kepala Sekola SD Negeri 4 Ranomeeto, Jasmin.

Ia juga menyampaikan bentuk apresiasi kepada para relawan WCD atas kesadarannya terhadap lingkungan.

“Saya kira kita sangat mendukung, ini adalah bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar,” timpalnya.

Ia juga berharap, seluruh unsur masyarakat yang ada di Konawe Selatan, terkhusus yang berada di Kecamatan Ranomeeto bisa bersama-sama menjaga kebersihan.

“Mudah-mudahan dengan gerakan ini tidak hanya pihak sekolah yang kemudian tersentuh, mudah-mudahan masyarakat sekitar bisa melihat inisiatif-inisiatif itu sehingga nanti dalam keseharian ada inisiatif-inisiatif untuk tetap atau komitmen-komitmen untuk tetap menjaga lingkungan sekitar,” harapnya.

Print Friendly, PDF & Email