1

Konsel dan Baubau Siap Wakili Sultra Lomdeskel Tingkat Nasional

Kadis DPMD Provensi Sultra, Dr. Ir. I Gede Panca, M.Pd.

SultraLight.Net – Dari 17 kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Tenggara, hanya 2 daerah yang lolos seleksi ketat penilaian lomba desa dan kelurahan (Lomdeskel). Hasil tersebut sesuai rapat pleno tim penilai Provinsi, dalam rangka penetapan pemenangan Lomdeskel 2022.

Kadis DPMD Provensi Sultra, Dr. Ir. I Gede Panca, M.Pd. mengatakan Desa Tambosupa Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan Kelurahan Melai, Kecamatan Murhum, Kota Bau-Bau menjadi jawara penilaian lomba desa dan kelurahan Tingkat Provinsi Sultra.

“Keduanya akan diikutkan Lomdeskel tingkat Regional Sulawesi dan Kalimantan (wilayah III) pada minggu ketiga di bulan Agustus 2022 dan tingkat Nasional tahapan pleno hasil Klarifikasi Lapangan wilayah I, II, III, dan IV pada minggu kedua di bulan September 2022 secara Nasional,” ucapnya, Kamis, 4 Agustus 2022.

Aturaan tahapan penilaian klarifikasi dilapangan bahwa, ketika tim penilai Lomdeskel dari pusat melaksanakan klarifikasi lapangan, tetap dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan dan tidak diperkenankan melakukan acara seremonial penjemputan kepada tim penilai.

“Berdasarkan Surat Nomor 414.4/3706/BPD tanggal 21 Juli 2022 perihal Penyelenggaraan Lomdeskel Tingkat Regional Tahun 2022 petunjuk pelaksanaan lomba desa,” paparnya.

BACA JUGA :  PT GMS Diduga Serobot Lahan Masyarakat Laonti, Kuasa Hukum Pemilik Lahan: Ini kan Aneh!

Lebih lanjut, rencana pelaksanaan lomba desa secara tematik dalam rangka pencapaian visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Tujuan untuk mengukur kinerja pemerintahan desa terhadap penggunaan Anggaran Alokasi Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) berdasarkan kebijakan daerah,” lanjutnya.

Sementara itu, Gubernur Sultra, H. Ali Mazi sangat mengapresiasi kepada tim penilai Lomdeskel Provinsi yang telah selesai melaksanakan tugas dengan baik dan objektif.

“Dua duta desa dan kelurahan mewakili Sultra bisa mampu bersaing dengan daerah wilayah III sebanyak 10 provinsi, dan semoga masuk 3 besar tingkat nasional,” ucapnya.

Demikian pula, Kabid Pemdes DPMD Sultra Syaifullah, SE. MSi. Menjelaskan bahwa secara detail Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Tenggara nomor 454 Tahun 2022.

Lanjut, pria yang sering disapa Iful menuturkan saat ini DPMD Sultra sedang menfasilitasi Kabupaten Konsel dan Kota Bau-Bau dalam pengumpulan kelengkapan berkas Lomdeskel.

Dengan mekanisme secara online ke panitia Lomdeskel Tingkat Nasional 2022 paling lambat tanggal 5 Agustus 2022 pukul 23.59 Wita.

“Semoga hasil kerja keras tim penilai Lomdeskel tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara yang secara objektif baik dari Administrasi maupun kesesuaian klarifikasi lapangan,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Inovasi 'Si Abang Tampan Asri' Perkuat Ketahanan Pangan di Konsel

Setelah rapat pleno penetapan hasil penilaian Lomdeskel, terbaik yakni Desa Tambosupa Kecamatan Moramo, Kabupaten Konsel yang memiliki wisata alam air panas dengan Tagline “Desa Maju Konsel Hebat”.

Untuk Kelurahan Melai, Kecamatan Murhum, Kota Bau-Bau yang terletak dalam kawasan wisata Benteng Kraton Buton yang terluas se Indonesia dan memiliki Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) secara online berbasis Webbsite yang dapat bersaing dikanca Nasional dan masuk dalam 3 besar Nasional.

 

Penetapan Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sultra tahun 2022, untuk kategori Desa terbaik yakni:

1. Kabupaten Konawe Selatan, Kecamatan Moramo, Desa Tambosupa.

2. Kabupaten Buton Tengah, Kecamatan Mawasangka Timur, Desa Lasori.

3. Kabupaten Konawe Kepulauan, Kecamatan Wawonii Utara, Desa Mataiwoi.

 

Sementara untuk kategori kelurahan terbaik yakni:

1. Kota Bau-bau, Kecamatan Murhum, Kelurahan Melai.

2. Kabupaten Buton Utara, Kecamatan Bonegunu, Kelurahan Bonegunu Melai.

3. Kota Kendari, Kecamatan Kendari, Kelurahan Kessilampe.

Print Friendly, PDF & Email