1

Berlaku 1 September, Ini 16 Titik Lokasi dan Sasaran Tilang ETLE di Kendari

Ketgam: Ilustrasi

SultraLight.Net – Satuan Lalu Lintas Polresta Kendari akan memberlakukan sistem tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) mulai 1 September 2022.

ETLE merupakan sistem yang akan mencatat, mendeteksi, dan memotret pelanggaran di jalan raya melalui kamera CCTV.

Dalam pengertian lain, ETLE merupakan kamera pengintai yang akan merekam pelanggaran-pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengendara

Mekanisme ETLE sangat berbeda dengan tilang konvensional yang selama ini diterapkan. Oleh karena itu sebelum diterapkan di seluruh Indonesia.

Sementara mekanisme ETLE yakni penggunaan sensor kamera. Implementasi kamera dengan perangkat lunak intelijen untuk menangkap pelanggaran – pelanggaran lalu lintas.

Validasi bukti dengan pencocokan foto No Polisi dengan hasil pembacaaan perangkat lunak yang didukung Automated Number Plate Recognition (ANPR).

Validasi data regident dengan pencocokan fisik kendaraan (pada foto dan video) dengan data-data dari database registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor.

BACA JUGA :  Rayakan HUT ke-77 TNI, Korem 143 Halu Oleo Gelar Lomba Fotografi Berhadiah Total Rp 13 Juta

Pencetakan foto akan dikirimkan sesuai alamat pemilik kendaraan didapatkan dari database registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor disertakan pada dokumen konfirmasi dan alamat pengiriman pada amplop.

Pengiriman surat konfirmasi juga akan dikirimkan melalui via POS. Sementara dalam penyelesaian, usai mendapatkan blangko tilang.

Sehingga dalam penyelesaian pelanggaran dapat membayarkan melalui via Bank menggunakan kode pembayaran yang telah diterima.

Sementara besaran denda ETLE, sesuai aturan dalam Pasal 287 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pelanggaran tidak menggunakan helm dikenakan denda Rp 250 ribu.

BACA JUGA :  Pengendara Motor Tewas Tertimpa Truk di Lorong Lapas Kota Kendari, Begini Kronologinya

Selanjutnya, pelanggaran marka jalan Rp 500 ribu serta ancaman penjara dua bulan. Bagi pengendara yang menggunakan ponsel diancam kurungan tiga bulan dengan denda Rp 750 ribu.

16 titik yang akan terpantau kamera ETLE di Kota Kendari:

1. Simpang Batas Kota (Gerbang Ranomeeto)
2. Bundaran Adi Bahasa
3. Simpang Pasar Baru
4. Simpang Bank Sinar Mas
5. Simpang Pos Lantas MTQ
6. Jalan Made Sabara (Depan toko Capriska)
7. Simpang Kantor Pajak
8. Jalan Laode hadi by pass (Depan honda gratia)
9. Simpang empat wua-wua
10. Jalan. A. Yani (Ace Informa)
11. Simpang Pos Lantas MTQ
12. Simpang Kopi Raja
13. Bundaran Tapal Kuda
14. Jalan. Z A Sugianto (Jembatan Triping)
15. Bundaran Tank
16. Jembatan Teluk Kendari

Print Friendly, PDF & Email