1

Tingkatkan Keterampilan Berbahasa, Guru dan Dosen di Konawe Ikuti UKBI Adaptif Merdeka

Saat Guru, Siswa dan Dosen mengikuti pelaksaaan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia.

SultraLight.Net – Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) menggelar sosialisasi dan pelaksanaan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka bagi pemangku kepentingan di Kabupaten Konawe.

Kegiatan ini diikuti oleh guru Bahasa Indonesia tingkat SMP-SMA/sederajat di Kabupaten Konawe, dosen dan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lakidende, Selasa 7 Februari 2023.

Dalam kegiatan ini dihadiri Kepala KBST, Uniawati, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe, Suryadi, yang sekaligus membuka kegiatan ini secara resmi.

Kepala KBST, Uniawati mengatakan, UKBI Adaptif Merdeka sebagai salah satu implementasi program prioritas dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sebagai bentuk penghargaan kita terhadap bahasa Indonesia.

BACA JUGA :  Dilamar Duda Maharnya Mencapai Rp2 Miliar, Ini Pesan Mendalam Janda Anak Tiga di Kendari Bagi Para Wanita

“Dalam tes UKBI Adaptif Merdeka, ada empat keterampilan berbahasa (yang diujikan), yaitu menyimak, menulis, berbicara, membaca, serta merespon kaidah sebagai tolok ukur tingkat kemahiran berbahasa kita,” kata Uniawati dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe, Suryadi menyampaikan terima kasih kepada KBST yang telah memberi kepercayaan untuk terus menyelenggarakan kegiatan di Kabupaten Konawe.

Menurutnya, selama 3 tahun terakhir, KBST fokus dan terus mendorong pelaksanaan kegiatan kebahasaan dan kesastraan di Kabupaten Konawe. Salah satunya, yaitu UKBI Adaptif merdeka. UKBI Adaptif merdeka merupakan alat untuk menguji kemahiran berbahasa Indonesia dengan mempertimbangkan kemampuan peserta.

BACA JUGA :  Stok Beras di Konawe Aman hingga Idul Fitri 2023

“Bahwa UKBI merupakan program yang luar biasa dan masyarakat, terutama tenaga pendidik dan profesional, memiliki animo sangat besar terhadap program ini,” katanya.

Lebih lanjut ia menambahkan, sebagai tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe akan mengikutkan para pemangku kepentingan di Kabupaten Konawe.

“Seperti guru, para kepala sekolah, dan pelajar untuk menguji kemampuan berbahasa Indonesianya melalui UKBI,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email