Stok Beras di Konawe Aman hingga Idul Fitri 2023

Saat Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan usai berkunjung ke sejumlah industri penggilingan padi di Kecamatan Uepai, Padangguni dan Lambuya, Minggu, 16 April 2023.

SultraLight.Net – Stok beras di Gudang Bulog di Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diperkirakan aman hingga perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan usai berkunjung ke sejumlah industri penggilingan padi di Kecamatan Uepai, Padangguni dan Lambuya, Minggu, 16 April 2023.

“Stok beras jelang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah tahun 2023 Masehi di Kabupaten Konawe masih sangat aman,” ungkapanya.

Lebih lanjut, tujuan dari kunjungan tersebut disejumlah penggilingan padi, untuk memastikan stok pangan jelang hari Raya Idul Fitri.

BACA JUGA :  Antusias Masyarakat di Konawe Hadiri Pelantikan Kades Terpilih

“Kehadiran industri penggilingan padi ini memberikan kontribusi dalam memenuhi kebutuhan beras dalam daerah,” lanjutnya.

Ia berharap, mudah-mudahan begitu juga di penggilingan lain supaya situasi di wilayah terkait dengan kesediaan pangan, nilai jual, daya beli itu terjaga semua.

“Inilah yang kita antisipasi, syukurlah saudara kita ini memenuhi kebutuhan beras kita di Sultra,” harapnya.

Mantan Kepala BPKAD Konawe ini mendorong, kebutuhan beras baik di Konawe maupun di Kabupaten lainnya, harus terpenuhi meskipun saat permintaan sedang tinggi.

BACA JUGA :  Ular Piton Sepanjang 7 Meter Lilit Petani di Konsel Hingga Tewas

“Dimana ada barang disitu ada harga, artinya apa teman-teman kita yang memiliki usaha penggilingan padi juga harus melihat pasar dimana ada keuntungan dilepas disitu,” tambah Ferdinand.

Menurutnya, kendala yang ada saat ini adalah kurang lebih sekira 6000 hektar lahan persawahan tidak produktif sehubungan dengan adanya perbaikan jaringan irigasi.

Meskipun demikian, perbaikan jaringan irigasi ini juga penting untuk para keberlangsungan para petani memperoleh air di masa mendatang.

“Makin bagus, setelah saya cek dilapangan kemungkinan kebocoran air hilang,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email