Semarak HUT ke-63 Kabupaten Konawe, Puluhan Penderita Bibir Sumbing di Konawe Ikuti Operasi Gratis

Nampak terlihat salah satu penderita mengikuti operasi bibir sumbing secara gratis.

SultraLight.Net – Semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Kabupaten Konawe, Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Konawe menggelar operasi bibir sumbing secara gratis bagi masyarakat Konawe.

Kepala BLUD RS Konawe, dr Agus Lahida mengatakan kegiatan ini dapat terlaksana atas kerjasama BLUD RS Konawe dan Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Langit-Langit Mulut Cabang Sulawesi.

“Menyambut HUT Konawe ke 63, kami bersama Persatuan Ahli Bedah Mulut Cabang Sulawesi melaksanakan kegiatan operasi bibir sumbing untuk warga Konawe yang kurang mampu,” ungkapnya, Jumat, 24 Februari 2023.

Lebih lanjut, bibir sumbing merupakan cacat genetik yang dialami anak sejak dilahirkan. Untuk mengembalikan kondisi bibir dan langit-langit anak tersebut dibutuhkan 3 kali operasi, dimana setiap kali operasi bibir sumbing dibutuhkan biaya 20 juta rupiah.

BACA JUGA :  85 Persen Warga Desa Ulu Lalimbue Bekerja di PT VDNIP, Kades: Banyak Manfaat Hadir di Desa Kami

“Biaya untuk operasi bibir sumbing ini sekitar 20 juta, jadi jika dilakukan selama 3 kali maka biaya yang perlu disiapkan oleh keluarga kita sebanyak 60 juta,” lanjutnya.

Kegiatan operasi bibir sumbing kali ini diikuti 18 peserta yang terdiri dari 15 balita dan 3 orang dewasa.

Bahkan dalam giat operasi bibir sumbing ini, tak hanya diikuti masyarakat Konawe, tetapi juga diikuti dari masyarakat yang berdomisili dari Kolaka, Kolaka Timur dan Kolaka Utara.

BACA JUGA :  Atraksi Budaya Tolaki Meriahkan HUT Kemerdekaan ke-78, Ini Pesan Bupati Konawe

“Kegiatan ini akan kami lakukan secara berkelanjutan, jadi kalau ada anak-anak kita yang mengalami gangguan langit-langit mulut atau bibir sumbing untuk segera menghubungi kami,” jelasnya.

Di tempat yang sama, salah seorang warga Desa Duriaasi, Kecamatan Wonggeduku Barat, Kabupaten Konawe, Sabaria mengaku sangat bersyukur atas kegiatan operasi bibir sumbing gratis ini.

“Sangat bersyukur pak, anak saya yang berusia 5 bulan bisa ikut operasi bibir sumbing gratis ini, semoga mereka yang telah membantu kami mendapatkan pahala,” ucapnya.

Untuk diketahui, kegiatan operasi bibir sumbing secara gratis dilaksanakan di BLUD RS Konawe selama 2 hari mulai dari 24-25 Februari 2023.

Print Friendly, PDF & Email