Ragam  

Ridwan Kamil Kukuhkan 855 Duta Pariwisata Jabar

KOTA BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengukuhkan 855 Smiling West Java Ambassador Angkatan 2023 di Sport Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (8/8/2023).

Tahun ini, program SWJ Ambassador yang dilaksanakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar itu mengalami peningkatan jumlah peminat yang sangat signifikan. Dari seribuan pendaftar, terkurasi sebanyak 855 duta wisata yang didominasi oleh milenial dan generasi Z.

Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– menuturkan, tugas mereka adalah mempromosikan destinasi wisata di Jabar melalui konten kreatif, dan mengunggahnya di media sosial.

BACA JUGA :  Selama Lima Tahun, 83 Juta Bibit Pohon Tertanam dan 81 Ribu Ha Lahan Kritis Pulih di Jabar

“Sekitar 80-an ambassador di tahun lalu sekarang peminat sangat banyak 855 orang dari seribuan. Tugasnya jalan-jalan, berkoordinasi, membuat konten, unggah di medsos. Sehingga Jabar penuh dengan keindahan pariwisiata yang dikembangkan oleh ambassador ini,” tuturnya.

Adapun SWJ Ambassador merupakan program yang memberdayakan masyarakat untuk terlibat membuat citra pariwisata Jabar semakin menarik sehingga kunjungan wisatawan bisa meningkat.

BACA JUGA :  Ridwan Kamil Bertemu Guru ASN Pangandaran, Carikan Solusi Terbaik

Kang Emil mengatakan, pada 2022 lalu, kunjungan wisatawan ke Jabar mencapai hampir 75 juta orang selama setahun. Bila satu wisatawan diasumsikan berbelanja Rp1 juta, maka perputaran uangnya mencapai Rp75 triliun.

“Tahun lalu 75 juta wisatawan yang mayoritas regional mendatangi Jabar menyumbangkan ekonomi pariwisata sampai Rp75 triliun per tahun kalau diasumsikan 1 wisatawan membelanjakan Rp1 juta. Ini salah satunya berkat program SWJ Ambassador atau duta promosi pariwisata Jabar,” tutur Kang Emil.

Print Friendly, PDF & Email
2 Pembaca