Lanjutkan Misi Dagang, Kadin Sultra Kirim 51 Ton Hasil Laut ke Surabaya

Kadin Sultra terus melakukan misi dagang dengan mengirim hasil laut ke Jatim.

SultraLight.Net – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melakukan misi dagang dengan mengirim 51 ton hasil laut.

Puluhan ton hasil laut akan dikirim ke Jawa Timur (Jatim) terdiri dari 34 ton ikan beku dan 17 ton gurita flower, Kamis, 16 Februari 2023.

Ketua Komisi Tetap (Komtap) Budidaya Perikanan dan Kelautan Kadin Sultra, Eddy Nurdin menjelaskan pihaknya melakukan pengiriman sebanyak 2 kontainer secara bertahap hingga 34 ton ikan dengan nominal kurang lebih Rp 1 miliar.

BACA JUGA :  Kadin Sultra Siap Kawal Pembangunan Industri Baterai di Routa Konawe

“Mungkin bertahap satu hari ini, totalnya sekitar 34 ton tujuan Surabaya,” jelas Eddy Nurdin.

Terlebih, ekspor tersebut sebagai salah satu bentuk kerja Kadin Sultra melalui Ketua Kadin Sultra, Anton Timbang yang dimana pihaknya saat ini sedang mendorong industri perikanan.

“Jadi industri ikan juga harus tumbuh bukan hanya di Sultra dan tidak hanya tambang saja,” tambahnya.

Apalagi menurutnya, potensi Sultra dalam pengolahan ikan sangat besar, sehingga ia berharap ekspor tersebut tetap berkelanjutan.

BACA JUGA :  Pemkab Konawe Canangkan Gerakan Menanam Tomat dan Cabai

“Untuk hari ini di ekspor ke Surabaya, nanti sampe ke Surabaya dibagi disana,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan, Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kota Kendari, Syahril Abd Raup menuturkan langkah yang dilakukan Kadin Sultra sungguh pas untuk mendorong industri perikanan Sultra.

Pengeksporan tersebut tidak hanya di Kota-kota, atau Provinsi tetapi pengeksporan langsung ke Negara.

“Mulai hari ini saya harap banyak perusahaan yang masuk dalam binaan Kadin sehingga dapat melakukan perikanan dan ekspor,” singkatnya.

Print Friendly, PDF & Email