Kendalikan Inflasi, Kadin Sultra dan Pemkot Kendari Resmi Gelar Pasar Murah

Pembukaan digelar di Pasar Lapulu sebagai titik pertama Pasar Murah Kadin dan Pemkot Kendari yang bertujuan menekan angka inflasi selama Ramadhan dan Idul Fitri 2023.

SultraLight.Net – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sultra dan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari resmi dibuka Pasar Murah kolaborasi, Kamis, 6 April 2023.

Pembukaan digelar di Pasar Lapulu sebagai titik pertama Pasar Murah Kadin dan Pemkot Kendari yang bertujuan menekan angka inflasi selama Ramadhan dan Idul Fitri 2023.

Pasar murah yang diselenggarakan, Kadin Sultra memberikan subsidi setiap item bahan pokok sebesar Rp5000. Adapun kebutuhan pokok yang dijual berupa beras, minyak goreng, gula, telur ayam, bawang merah dan putih, serta bahan pokok lainnya.

Ketua Umum Kadin Sultra, Anton Timbang mengatakan pasar murah ini merupakan program rutin Kadin Peduli sejak 2021, khusus 2023, dengan berkolaborasi bersama Pemkot Kendari dalam hal ini Perumda Pasar yang dilaksanakan di empat titik pasar di Kota Kendari dari 6 sampai 19 April 2023.

“Biasanya kami laksanakan di pelataran kantor Kadin dan pernah juga di eks MTQ, namun tahun ini karena ada permintaan dari pak Pj Wali Kota Kendari untuk bergiliran diadakan di Kota Kendari dengan empat lokasi yang pertama Pasar Lapulu yang kita buka hari, kemudian nanti di Pasar Baruga, Pasar Nambo dan Pasar Punggolaka,” ucapnya.

BACA JUGA :  Peruri Mewadahi Govtech Indonesia Jadi Mandat yang Tepat dan Bersejarah

Menurutanya, Pasar Murah ini upaya Kadin dalam meringankan beban masyarakat akibat kenaikan harga selama ramadhan dan menyambut lebaran idul fitri.

Apalagi, sambungnya, melihat kondisi perekonomian di Kota Kendari masih belum stabil akibat dampak pandemi covid-19 yang melanda sejak 2020 kemarin.

“Semoga dengan terlaksananya pasar murah ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Kendari. Dan kami siap mensupport Pemkot Kendari dalam melakukan pasar murah kedepannya lagi,” tambah AT yang juga Ketua IMI Sultra ini.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengucapkan terima kasih kepada Kadin Sultra yang memberikan kontribusi nyata membantu Pemerintah dalam upaya menekan laju angka inflasi di Kota Kendari, dengan melakukan stabilisasi harga bahan pokok melalui pasar murah ini.

“Mudah-mudahan dengan terobosan gerakan pasar murah di empat titik yang digagas Perumda Pasar bekerjasama dengan Kadin Sultra ini bisa menekan angka inflasi dan harga-harga bahan pokok bisa stabil terutama bulan ramadhan ini serta menjelang lebaran,” jelas Asmawa Tosepu.

Lanjut ia, apalagi harga-harga bahan pokok yang di jual Pasar Murah ini berbeda jauh dengan harga yang dijualkan secara umum di pasar-pasar yang ada.

BACA JUGA :  Dukung Kerjasama FKPID Dengan BPVP Kendari, Anton Timbang: Kadin Sultra Siap Jadi Fasilitator

“Jadi disini, harganya ada penurunan Rp 5000an lebih dari harga-harga di pasar pada umumnya, ini juga berkat subsidi dari Kadin Sultra yang memberikan subsidi per item itu sebanyak Rp 5000, sehingga kita berharap masyarakat bisa memanfaatkan momentum pasar murah ini dalam memenuhi kebutuhan pokoknya,” lanjut Asmawa.

Ditempat yang sama Direktur Perumda Pasar Kota Kendari, Saipuddin mengatakan kegiatan bergerak untuk pasar murah ini berdasarkan instruksi Pj Wali Kota dalam menstabilkan harga-harga serta menekan pertumbuhan inflasi di Kota.

Menurutnya setelah di Pasar Lapulu pelaksanaan Pasar Murah akan dipusatkan di Pasar Baruga sesuai penyampaian Ketua Umum Kadin Sultra.

Apalagi katanya, antusias masyarakat begitu tinggi dengan adanya pasar murah ini. Dimana pihaknya menyediakan 800 paket

“Alhamdulillah antusias masyarakat kota Kendari begitu tinggi karena yang hadir tadi begitu banyak dari berbagai kecamatan yang ada di Kota Kendari, karena kami sediakan 800 paket yang kita mulai buka pukul 14.00 Wita sampai menjelang buka puasa dan kedepannya setiap harinya kami sediakan 400 paket,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email