Bupati Konawe Lepas Kontingen Kwartir Cabang ke Rainas XII 2023

Saat Bupati Konawe melepas kontingen kwartir cabang Konawe yang akan mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) XII tahun 2023.

SultraLight.Net – Dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka bahwa Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjujung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan.

Hal tersebut yang membuat Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) terus berperan aktif dalam kegiatan Pramuka di Kabupaten Konawe, hal tersebut ditunjukkan saat melepas kontingen kwartir cabang Konawe yang akan mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) XII tahun 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur, Senin (7/8/23) di halaman kantor Bupati Konawe.

Dalam kegiatan tersebut Kery mengungkapkan, gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda memberikan ruang kepada pemuda pemudi untuk mengembangkan dan mengabdikan dirinya kepada bangsa.

Oleh karena itu, kata Kery, salah satu tempat mengimplementasikan hal tersebut, Gerakan Pramuka mengadakan salah satu kegiatan rutin dalam bentuk perkemahan besar sebagai ajang pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang berusia 16 – 25 tahun dari seluruh Indonesia yang bernama Raimuna.

BACA JUGA :  BPN Konawe Targetkan 1000 Sertifikat PTSL di 2023

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan pengalaman yang baik kepada adik-adik Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kabupaten Konawe,” ungkap Kery.

Bupati dua periode Kabupaten Konawe itu juga mengatakan, kegiatan Raimuna Nasional XII tahun 2023 bertujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan, merawat kelestarian budaya, meningkatkan kesadaran teknologi, pengembangan kualitas SDM, serta memaksimalkan kebermanfaatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam lingkup pengabdian masyarakat.

Lanjutnya, hal itu akan mewujudkan prinsip pembinaan bagi pramuka penegak dan pramuka pandega dalam aspek mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial yang diaplikasikan dalam bina diri, bina satuan dan bina masyarakat agar menjadi pemuda pemudi yang tangguh dan bertanggung jawab.

“Alhamdulilah kwartir Cabang Konawe mengirimkan kontingen sebanyak 124 orang terdiri dari 51 orang peserta Pramuka Penegak dan Pandega putra dan putri, serta 68 orang anggota dewasa,” ujarnya.

BACA JUGA :  Kembali Diundang Mendagri, Bupati Konawe Bakal Terima Penghargaan Nasional

Kery Saiful Konggoasa menyebut, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Konawe merupakan kwartir cabang terbanyak yang mengirimkan kontingen pada Raimuna Nasional kali ini dari kwartir cabang se-Kwartir Daerah Sulawesi Tenggara.

“Ini merupakan komitmen yang tinggi dari pemerintah Kabupaten Konawe dalam mengapresiasi prestasi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwartir Cabang Konawe,” tutur Kery

Kery Saiful Konggoasa berharap sekembalinya nanti kontingen Kwartir Cabang Konawe dapat menginspirasi dan memotivasi teman-teman pramuka yang lain. Karena perwakilan ini adalah duta-duta kabupaten konawe.

“Saya juga berpesan agar adik-adik yang mengikuti Raimuna Nasional kali ini dapat menjaga sikap, perilaku dan nama baik daerah kita dengan menanamkan nilai-nilai budi pekerti luhur, senantiasa membangun komunikasi yang baik dengan semua kontingen dari daerah lain, serta yang paling utama adalah menjaga kekompakan di antara seluruh kontingen,” harap Kery.

 

Print Friendly, PDF & Email