Belum Cukup Dua Bulan jadi Pj Konawe, Kinerja Harmin Ramba Diapresiasi Presiden Jokowi

Pj Bupati Konawe mendapatkan apresiasi dari Presiden Jokowi setelah memaparkan kondisi Konawe.

SultraLight.Net – Bupati Konawe, Dr. H. Harmin Ramba, SE., MM, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) yang dipimpin Presiden RI, Joko Widodo, dengan mengumpulkan 197 Pj Kepala Daerah lainnya untuk mendengarkan arahan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 30 Oktober 2023.

Harmin Ramba menjelaskan kegiatan rakor ini membahas pemantapan penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan publik serta optimalisasi implementasi proyek strategis nasional.

“Seperti isu yang diangkat terkait perekonomian, ketahanan pangan, hingga keuangan yang dipimpin Presiden RI yang juga didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dan Menkeu Sri Mulyani,” jelasnya.

Jokowi menyebutkan saat ini kondisi negara sedang tidak baik-baik saja, ini ditandai antara lain perubahan iklim dan perang untuk itu kepala daerah perlu melakukan antara lain kendali inflasi, melakukan penanganan dampak elnino, meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui ciptakan iklim investasi, bantu investor dalam pelayanan perizinan dan jaga iklim investasi.

BACA JUGA :  Pj Bupati Konawe Sebut Anak Harus Jadi Penentu Kemajuan Daerah

Para Pj. Bupati juga diharapkan dapat mendukung program prioritas pemerintah seperti penanganan kemiskinan ekstrem, stunting, hilirisasi industri, ekonomi (hijau dan ebt), mendukung kelancaran pemilu seperti tidak intervensi penyelenggara.

Presiden juga menekankan pentingnya reformasi birokrasi, dengan menyederhanakan prosedur dan tata kelola terutama dalam pelayanan perizinan bagi investor.

“Jangan sampai memihak, ASN netralitas, jaga kerukunan di tingkat bawah, kalau ada masalah laporkan ke pusat, masalah yang kecil tangani secara cepat dan tuntas,” terang Harmin Ramba menirukan ucapan Jokowi, Selasa 31 Oktober 2023.

BACA JUGA :  Kunker di Desa Muara Sampara, Pj Bupati Konawe Sumbang 1 Ekor Sapi Kurban

Usai menerima arahan presiden, para Pj Bupati kembali ke Kemendagri untuk menerima arahan dari para menteri/kepala lembaga, yaitu Menteri Keuangan, Kepala Bapenas, Menteri PAN-RB, Menteri Pertanian, dan Menteri Kesehatan, selanjutnya diakhiri dengan penutupan Wakil Mendagri.

Pj Bupati Konawe mendapatkan apresiasi dari Presiden Jokowi setelah memaparkan kondisi Konawe dalam kurung waktu Dua bulan terakhir

Selain itu, Kepala Negara juga mendorong pemerintah daerah untuk mengalokasikan anggaran untuk stimulus ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat. Menurut Presiden, bantuan tersebut akan sangat membantu masyarakat.

“Saya siap menjalankan amanah dan arahan Presiden dengan sebaik mungkin,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email