Aksi Bersihkan Pantai Tombawatu, WDC Sultra Sebut Ajang Bangkitkan Kesadaran Kolektif Tangani Sampah

Nampak terlihat berbagai komunitas yang ada di Sultra melakukan clean up diarea wisata Pantai Tombawatu, Desa Tombawatu, Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe, Minggu, 18 Juni 2023.

SultraLight.Net – World Cleanup Day Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Batharagala melaksanakan giat “Lest Clean Out Ocean” dalam rangka memperingati Hari Hari Laut Sedunia 2023.

Kegiatan utama yang dilakukan adalah clean up pantai area wisata Pantai Tombawatu, Desa Tombawatu, Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe, Minggu, 18 Juni 2023.

Leader WCD Sultra, Ardan Sudu menjelaskan dalam rangka peringatan Hari Laut Sedunia menjadi momentum penting untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga wisata pantai.

“Kegiatan bersih-bersih ini dalam rangka memperingati hari laut dan hari selancar sedunia untuk kita lebih perhatikan lagi sampah di area pantai,” ucapnya.

Terlebih lagi, moment tersebut menjadi pengingat bahwa tindakan wisata yang berkunjung dapat memperhatikan sampah sekitaran pantai.

BACA JUGA :  Perpaduan Balap Sepeda dan Keindahan Alam Jabar Selatan

“Dan ini bagian upaya teman-teman untuk menumbuhkan kesadaran semua pihak, supaya terus membersihkan pantai kita agar bebas dari polusi plastik dan polutan lain,” ungkapnya.

Sehingga, dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat, masyarakat dan terutama berdampak positif terhadap lingkungan.

“Agar ketika kita berwisata di suatu pantai tidak ada lagi sampah yang berserakan dan bawa pulang sampahnya karena tidak enak sekali mi di liat,” ujarnya.

Lebih jelasnya, menurut Owner Percetakan Pigau ini, sampah plastik menjadi perhatian berbagai pihak, dikarenakan penggunaan plastik yang berujung menjadi polusi di daratan dan lautan.

BACA JUGA :  OPINI: May Day, Momentum untuk Buruh, Pengusahan dan Pemerintah

Sebagai dampaknya ribuan hewan di laut terbunuh setiap tahun. Di sisi lainnya, sampah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat terurai.

“Semoga dari kegiatan ini bisa jadi ajang kerjasama untuk dapat melahirkan kolaborasi yang sifatnya kolektif,” paparnya.

Dalam pembersihan ini, WCD Sultra, Batharagala, Karang Taruna Tombawatu, Lentera Sultra, HIPMAKAP, MTMA Kendari, Enamu Camp, RMJ Konawe, Smart Itech, Ruang Buku Konawe, Palola Mountain, dan HIPPMALA beserta berbagai pihak mampu mengumpulkan sekitar 80 – 120 karung sampah dari berbagai tempat berbeda.

 

Print Friendly, PDF & Email